• Preview Pengelolaan Sampah di Indonesia

    Pengelolaan sampah melibatkan beberapa aktor pengelola baik dalam ruang lingkup kecil sampai skala besar. Masing-masing aktor ini memiliki perannya masing-masing. Para aktor ini juga terbagi dua ke dalam ranah pegawai formal dan informal. Persentase total pegawai kota/kabupaten yang terlibat dalam pengelolaan persampahan seperti terlihat pada Gambar berikut.

    Data Statitik

    Estimasi jumlah pegawai kota/kabupaten di instansi bidang persampahan seluruh Indonesia berjumlah 73.462 orang.

    Selain pemerintah, pihak swasta juga turut berkontribusi terhadap pengelolaan sampah di Indonesia. Keterlibatan pihak swasta dalam kegiatan operasional persampahan meliputi tahap pengangkutan, tahap pengolahan, tahap pembuangan akhir dan tahap lainnya.

    dsds1

    Data timbulan sampah ini merupakan data timbulan sampah di sumber, yang berasal dari sampah permukiman (rumah tangga) dan non-permukiman. Pertanyaan di kuesioner meminta pengisisan sekurang-kurangnya data pada 5 tahun terakhir. Estimasi timbulan sampah beserta komposisinya di seluruh Indonesia dapat dilihat pada Tabel berikut.

    ds2 ds3 ds4

    Tingkat pelayanan terhadap permukiman masih jauh lebih besar dibandingkan sumber sampah lainnya (gambar di bawah ini). Data tingkat pelayanan pengumpulan sampah ini berasal dari sekurang-kurangnya data pada 5 tahun terakhir.

    ds5

    Tidak semua sampah yang dihasilkan dapat diangkut ke TPS/TPA oleh instansi berwenang di setiap kota/kabupaten sehingga ditemukan berbagai macam sistem penanganan sampah dilakukan oleh masyarakat. Pertanyaan di kuesioner meminta pengisian sekurang-kurangnya data pada 5 tahun terakhir.

    ds6

    Berdasarkan jenisnya, TPS berupa bangunan permanen, bangunan semi-permanen, dan TPS yang hanya berupa kontainer saja. Dari kota/kabupaten yang menjawab, diketahui sekitar 39% dari total TPA adalah bangunan semi permanen. Sekitar 41% dari total jumlah kontainer yang tersedia di TPS memiliki volume 6 m3.

    ds7ds8

    Dari hasil estimasi diperoleh distribusi 50,800 buah TPS di seluruh Indonesia dengan 40% TPS terdapat di Sumatera.

    ds9

    Transfer depo merupakan tempat pembuangan sementara yang dilengkapi dengan landasan untuk gerobak sampah maupun untuk truk dalam melakukan bongkar muatan kontainer. Distribusi luas transfer depo dapat dilihat sebagai berikut.

    ds10

    Transportasi / pengangkutan sampah yang dimaksud adalah fasilitas transportasi sampah yang hanya melayani pemindahan sampah dari TPS dan/atau permukiman (dalam beberapa kasus) menuju ke tempat pengolahan sampah dan/atau TPA. Dari kota/kabupaten yang menjawab, hampir semua armada truk pengangkut sampah dimiliki oleh pemerintah.

    ds11

    Dump truck bervolume 6 m3 adalah yang paling banyak difungsikan. Jumlah total truk pengangkut sampah yang ada di Indonesia diperkirakan mencapai sekitar 7,700 truk.

    ds14

    ds12ds13

2 Responsesso far.

  1. ROFIQ ISDWIYANI says:

    assalamualaikum…
    halo..salam kenal…
    nama saya rofiq isdwiyani, seorang mahasiswa pascasarjana di UGM…
    terkait artikel pengelolaan sampah di atas, apakah forum ini mempunyai data timbulan sampah di Indonesia?
    saat ini saya sedang menulis tesis tentang timbulan sampah di Indonesia dan saya membutuhkan data tentang timbulan sampah di indonesia…
    jika memungkinkan apakah saya bisa mendapatkan data tersebut dari forum ini?dan bagaimanakah caranya?

    terima kasih
    wassalamualaikum

    rofiq isdwiyani

    • Encep Amir says:

      Terima kasih atas korespondensinya, mohon maaf saya telat sekali membalas. Terkait data itu, saya punya datanya namun belum update. nanti saya kan kirim ke email mas rafiq. terima kasih, terus keep update dengan web sampah masyarakat kami.!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial